Penipuan Instagram Berdalih “Pelanggaran Hak Cipta”

Penipuan Dalam Instagram

Penipuan dalam Instagram kini sudah marak terjadi, salah satu penipuan yang sering ditemui adalah penipuan dengan berdalih “Copyright Infringement” atau “Pelanggaran hak cipta”. Dalam penipuan ini, pelaku akan mengirimkan pesan kepada korban melalui direct message Instagram dengan dalih bahwa kita telah melakukan pelanggaran copyright. Pada pesan tersebut, pelaku menginginkan korban untuk mengisi data-data penting Instagram korban seperti email dan password. Selain itu, Akun yang digunakan pelaku penipuan juga akun abal-abal dan tidak terverifikasi (centang biru).

Penipuan Instagram
Akun Instagram penipu/ scammer

Dalam pesan tersebut pelaku membubuhkan link dan meminta korban untuk klik link tersebut. Dalam link tersebut korban diminta untuk login akun Instagram dengan memasukkan email/ login dan password mereka.

Penipuan Instagram
Isi pesan yang diberikan oleh scammer (pelaku penipuan)

Setelah data tersebut diisi, beberapa jam kemudian akun Instagram tersebut tidak bisa dibuka lantaran akses login dan password korban sudah di ganti oleh pelaku. Kebanyakan pelaku akan mencari korban dengan ratusan atau ribuan followers. Beberapa penipuan lainya adalah:

Jenis-Jenis Penipuan Dalam Instagram

  • Penipuan Berkedok Cinta: Penipuan yang berkedok cinta biasanya mengirimkan pesan romantis kepada orang yang tidak dikenal, sering kali berpura-pura sudah cerai, janda, atau dalam tekanan.
  • Penipuan Undian: Penipuan undian sering dilakukan dari akun yang menyamar sebagai seseorang yang Anda kenal atau organisasi (seperti lembaga pemerintahan atau platform media sosial). Pesannya akan menyatakan bahwa Anda salah satu pemenang undian dan akan menerima uang jika Anda membayar sejumlah biaya di muka.¬†
  • Penipuan Phishing:¬†Phishing adalah saat seseorang mencoba mengakses akun Instagram Anda dengan mengirimkan pesan atau tautan mencurigakan yang meminta informasi pribadi Anda. Jika mereka berhasil login ke akun Anda, penipu mungkin bisa mengakses hal-hal seperti nomor telepon atau alamat email Anda. Mereka juga bisa mengubah kata sandi Anda agar Anda tidak bisa mengakses akun.

Maka dari itu, Jika anda mendapatkan pesan seperti ini, silahkan laporkan di Instagram Help Center dan jangan klik link yang diberikan. karena jika anda klik link tersebut dan login dalam link tersebut, maka dalam beberapa jam kemudian Instagram anda akan hilang.

Baca juga artikel lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *